4 Cara Mengecek Touchscreen iPhone Bekas

Halo sob, mau bagi info 4 Cara Mengecek Touchscreen iPhone Bekas? Cari info gadget terbaru ? Cekidot sob…

Perhatikan Tips 4 Cara Mengecek Touchscreen iPhone Bekas

Penjualan iPhone bekas baik yang ex inter maupun resmi dari iBox saat ini sudah banyak beredar. Bagi kalian yang ingin memiliki perangkat eksklusif seperti iPhone, namun memiliki budget minimal, maka pembelian iPhone second dapat dijadikan pilihan ideal.

Akan tetapi, salah satu resiko pembelian iPhone yang bekas meskipun harganya lebih terjangkau, adalah resiko adanya cacat atau kerusakan komponen LCD. Maka dari itu, kalian harus tahu cara mengecek touchscreen pada iPhone.

Cara Mengecek Touchscreen Pada iPhone

Ada beberapa langkah mudah untuk mengecek touchscreen pada perangkat iPhone bekas dengan memakai metode-metode di bawah ini :

1. Memakai Touchscreen Test

Cara mengecek touchscreen yang pertama bisa dilakukan memakai aplikasi touchscreen test. Kalian bisa mendownload aplikasi touchscreen test terlebih dahulu di App Store. Di aplikasi ini, kalian akan mendapatkan beberapa pilihan fitur untuk membantu mengecek performa pada layar sentuh maupun warna iPhone.

Beberapa fitur yang bisa kalian gunakan, diantaranya 3D Touch, Dra Test, Scalable, Multi touch, 3D Touch, dan fitur lainnya untuk mengecek touchscreen iPhone kalian. Silahkan ikuti panduannya :

  • Install aplikasi Touchscreen Test di App Store.
  • Lalu buka dan jalankan aplikasinya.
  • Tekan Display Test dan tekan lagi Touchscreen Test.
  • Silahkan lakukan pengecekan pada touchscreen iPhone kalian, lalu tunggu hasilnya.
  • Apabila ditemukan beberapa error dalam hasil test tersebut, dapat dipastikan touchscreen iPhone mengalami masalah. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh LCD yang bukan original.

Kalian juga dapat mengecek tingkat sensitivitas layar sentuh iPhone menggunakan aplikasi Touchscreen.

2. Mengecek Touchscreen iPhone Dengan True Tone

Kalian juga dapat melakukan pengecekan pada layar iPhone memakai pengaturan dengan pengecekan True Tone. Metode ini hanya dapat dilakukan pada iPhone 8 atau versi di atasnya. Begini tutorialnya :

  • Silahkan masuk ke menu Setting.
  • Tekan Display & Brightness.
  • Gulir layar ke bawah dan temukan True Tone.

3. Mengecek Touchscreen iPhone Memakai Kode Dial

Diantara cara-cara di atas, mungkin cara mengecek touchscreen iPhone bekas dengan kode dial adalah cara termudah. Kalian bisa mengecek kualitas layar pada iPhone. Selain itu, cara ini dapat dilakukan apabila kalian merasa layar iPhone kurang responsive.

Caranya adalah dengan mengakses menu dialpad pada iPhone, lalu ketikkan kode pengecekan iPhone di *#*#2664#*#*. Jika sudah menekan kode tersebut, selanjutnya kalian akan menerima informasi terkait kondisi dan kualitas touchscreen pada layar perangkat.

4. Mengecek Touchscreen iPhone Memakai 3uTools

Aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mengecek touchscreen adalah dengan memakai aplikasi 3uTools. Dengan aplikasi ini, kalian dapat mengecek hardware dan software yang terpasang pada perangkat iPhone. Sehingga, kalian dapat mengetahui kondisi dan kualitas touchscreen iPhone.

Berikut ini tutorial cara mengecek touchscreen iPhone memakai 3uTools :

  • Install 3uTools Apps pada laptop atau Mac, kalian bisa mengunduhnya di www.3u.com.
  • Sambungkan perangkat iPhone pada komputer atau laptop yang telah terinstall 3uTools.
  • Jalankan aplikasinya.
  • Silahkan tunggu sampai iPhone terdeteksi serta terhubung pada aplikasi 3uTools.
  • Lalu, kalian akan mendapatkan spek lengkap perangkat iPhone yang muncul.
  • Tekan opsi View Verification Report pada bagian bawah spesifikasi iPhone.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan popup, tekan autorize.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan iDevices Verification Report.

Berikutnya kalian dapat mengetahui informasi hardware untuk touchscreen atau layar iPhone bekas. Kalian juga dapat melihat testing score-nya, pastikan apakah persentasenya lebih dari 80% atau kurang. Jika di atasnya, ini tandanya LCD iPhone kalian kondisinya masih bagus.